Berdebat Soal Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi Sudah Mulai Membosankan

Infobolaku Cristiano Ronaldo baru saja membuktikan kemampuannya ketika mencetak hattrick untuk timnas Portugal pada laga melawan Swiss di semifinal UEFA Nations League (UNL). Di usia 34 tahun, Ronaldo masih bisa mencetak trigol untuk mengantarkan Portugal ke partai puncak dengan kemenangan 3-1.

Seperti biasa, sesaat setelah Ronaldo melakukan sesuatu yang luar biasa, nama Lionel Messi selalu disebut. Begitu pun sebaliknya, ketika Messi membuktikan keajaibannya, Ronaldo juga jadi bahasan.

Situasi itu disebabkan oleh kemampuan keduanya sebagai pemain terbaik di dunia. Selama 15 tahun terakhir, hanya dua pemain itu yang berada di puncak piramida sepak bola. Mereka saling mendorong satu sama lain.

Nahasnya, fans mereka masing-masing yang tampaknya terlalu berlebihan. Entah mengapa, perdebatan (terkadang sampai pertengkaran) soal yang lebih baik dari keduanya tidak pernah berhenti.

Fans Ronaldo ngotot menyebut idolanya sebagai pesepak bola terbaik di dunia, argumen ini diperkuat dengan kemampuan lengkap Ronaldo: kaki kanan, kaki kiri, sundulan, tendangan bebas, penalti, sebut saja.

Di sisi lain, fans Messi juga menyombongkan idola mereka sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Bagi mereka, Messi adalah dewa sepak bola yang selalu tampil ajaib di setiap kesempatan.

Seharusnya memuji salah satu bukan berarti menjelekkan yang lain. Mendukung Ronaldo tidak harus mencela Messi, dan memuji Messi tak perlu sambil menghina Ronaldo. Namun, dasar fans sepak bola, fanatisme yang luar biasa terkadang membutakan penilaian mereka.

Pendapat ini dilontarkan oleh analisĀ ESPN FC, Craig Burley. Dia mengaku sudah bosan mendengar perbandingan kedua pemain ini. Alih-alih, mengapa tidak menikmati permainan mereka selagi bisa? Toh tak lama lagi mereka akan pensiun.

 

Membosankan!

Burley memahami bagaimana rasanya jadi pendukung fanatik. Dia tahu betul bahwa level Ronaldo dan Messi memang luar biasa, jauh di atas pemain-pemain hebat lainnya.

Biar begitu, dia merasa membandingkan kedua pemain ini tidak ada gunanya. Ketika fans mereka bertengkar, Ronaldo dan Messi justru saling menaruh respek dan diam-diam mengakui kemampuan satu sama lain.

“Saya akan berkata jujur, jika hidup anda selalu berputar soal perdebatan siapa yang lebih baik di antara dua pemain hebat ini [Ronaldo dan Messi], anda harus melihat diri anda sendiri di depan cermin (mawas diri),” tutur Burley.

“Ketika Liverpool mengalahkan Barcelona pada laga luar biasa di Anfield lalu, hal pertama yang dibicarakan adalah: ‘Jadi, seberapa bagus Lionel Messi sekarang?’.”

“Betapa membosankannya itu bukan?” tandasnya.

Burley ingin menyadarkan fans sepak bola mana pun untuk menikmati permainan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selagi mereka masih merumput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *