Larangan UEFA untuk Arsenal pada Laga Final Liga Europa

Infobolaku – UEFA melarang Arsenal untuk menunjukkan aksi solidaritas untuk Henrikh Mkhitaryan yang tak bisa masuk ke wilayah Azerbaijan. UEFA siap memberikan sanksi tegas jika Arsenal mengabaikan larangan tersebut.

Mkhitaryan memutuskan untuk tidak ikut Arsenal ke Azerbaijan karena alasan keselamatan. Sebelumnya, Arsenal sudah meminta UEFA untuk menjamin keamanan Mkhitaryan selama di negara tersebut, namun UEFA tidak bisa memberikan jaminan tersebut.

Pada akhirnya, Mkhitaryan membuat keputusan yang berat, yaitu tidak akan tampil pada laga final Liga Europa. Sebagai warga negara Armenia, Mkhitaryan tak mau ambil risiko yang bisa mengancam nyawanya.

Armenia dan Azerbaijan tidak memiliki hubungan diplomatik karena alasan politis. Hal itu membuat pemerintah Azerbaijan tidak bisa memberikan visa secara mudah untuk warga Armenia.

Keputusan UEFA untuk menunjuk Azerbaijan sebagai venue final Liga Europa mendapat banyak kritikan, terutama dari suporter masing-masing klub finalis. Bahkan, suporter Arsenal dan Chelsea sempat membuat petisi untuk memindahkan laga final Liga Europa ke Wembley.

Arsenal berencana menggunakan kaus spesial sebagai bentuk dukungan kepada Mkhitaryan ketika melakukan pemanasan sebelum laga. Namun, UEFA memberikan peringatan keras. UEFA khawatir Arsenal justru akan memanaskan situasi antara Azerbaijan dan Armenia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *