Lebih dari 4.700 Personel Keamanan Disiagakan untuk Menjaga Final Liga Champions

Infobolaku Spanyol akan menerapkan langkah-langkah keamanan yang belum pernah terjadi, untuk final Liga Champions yang “berisiko tinggi”, yang akan digelar di Madrid, Minggu dini hari WIB (2/6/2019).

Otoritas Spanyol mengungkap operasi kepolisian yang disiapkan untuk partai final Liga Champions, mempertemukan dua klub Inggris, Tottenham Hotspur melawan Arsenal, akan jadi yang terbesar dalam event olahraga yang pernah digelar di ibu kota Spanyol itu.

Skalanya bahkan melebihi final Copa Libertadores tahun lalu antara dua tim Argentina, River Plate dan Boca Juniors. Padahal, pertandingan itu juga masuk kategori “berisiko tinggi” oleh pihak berwenang.

“Kami akan melakukan lebih dari yang telah kami terapkan di final Copa Libertadores,” ujar Francisco Pardo, Direktur Jenderal Kepolisian Nasional Spanyol.

“Kami akan menjamin setiap warga negara dengan operasi keamanan ketat selama beberapa hari ini, sehubungan dengan banyaknya suporter di Kota Madrid,” imbuhnya.

Lebih dari 4.700 personel keamanan terlibat dalam operasi itu, yang merupakan kali pertama, termasuk melibatkan penggunaan drone untuk memonitor aktivitas fans.

Kendaraan berat akan dijauhkan dari Wanda Metropolitano Stadium, veneu laga final, pada hari H, dan fans akan menjalani pemeriksaan keamanan berlipat sebelum memasuki kompleks stadion.

Lebih dari 30 ribu suporter dari Inggris diperkirakan melakukan perjalanan ke Madrid untuk menyaksikan duel seru dalam stadion berkapasitas 68 ribu tersebut.

Tottenham Hotspur dan Liverpool masing-masing mendapat jatah tiket hampir 17 ribu lembar. Namun, pihak berwenang Spanyol memperkirakan akan ada ribuan suporter dari kedua klub yang akan datang tanpa mengantongi tiket final serta tanpa perencanaan matang sehingga memunculkan potensi persoalan di sekitar Kota Madrid.

Pihak berwenang menambahkan, langkah-langkah tambahan akan diterapkan untuk menjaga kelompok suporter dari kedua tim saling terpisah dari saat tiba di bandara Madrid atau stasiun kereta api hingga mereka meninggalkan kota.

“Event pada akhir pekan ini akan menarik ribuan orang ke Madrid, tapi saya yakin dengan perencanaan Kepolisian Nasional, pihak bandara, serta panpel lokal, seluruh pengunjung yang akan datang ke Madrid akan menghabiskan waktu luar biasa,” ujar Ken Scott, Penasihat Keselamatan dan Keamanan UEFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *