Mengenal Matthijs de Ligt, Bek Muda Potensial yang Diburu Barcelona dan Manchester United

Infobolaku – Nama Matthijs de Ligt wira-wiri disebut di bursa transfer musim panas ini. Dia dinilai sebagai aset paling panas di dunia sepak bola: muda dan punya potensi luar biasa. Ajax Amsterdam sedang bersiap kehilangannya.

De Ligt boleh jadi baru berusia 19 tahun, tetapi dia sudah bermain laiknya bek berpengalaman. Terbukti, di usia yang begitu muda, dia sudah dipercaya mengenakan ban kapten untuk memimpin rekan-rekannya.

Musim 2018/19 lalu, kehebatan De Ligt akhirnya dilihat Eropa. Dia membantu Ajax sampai di semifinal Liga Champions. Memang bukan dia yang mencetak gol, tetapi kehadiran De Ligt di barisan pertahanan membuat Ajax bisa bermain lebih tenang.

“Apa yang dilakukan De Ligt di usia 19 tahun luar biasa. Performa yang dia berikan di Liga Champions sungguh hebat. Menjadi kapten Ajax dan bersama mereka meraih yang mereka lakukan musim ini, dia jelas pemimpin berkelas,” buka Jamie Carragher kepada Sky Sports.

Ajax berhasil menjuarai Eridivisie dan KNVB Cup musim ini. Usai musim yang hebat, De Ligt punya kesempatan berbicara pada fans setia mereka.

“Namun, ini bukan hanya soal kemampuannya – jelas sudah pernah ada beberapa bek muda luar biasa, remaja yang kita lihat bertahun-tahun dengan talenta hebat – melainkan juga soal kualitas kepemimpinannya.”

“Saya melihat dia memberikan pidato pada akhir musim di atas panggung, dia berbicara seperti pria berusia 29 tahun, bukan 19,” lanjutnya.

 

Kedewasaan

Sebab itu, Carragher paham mengapa De Ligt diincar beberapa tim kuat. Barcelona berada di barisan terdepan, MU sempat bersaing, lalu kabarnya saat ini Liverpool dan Real Madrid ikut memburu.

“Dia juga memiliki kemampuan fisik yang bagus. Saya pernah bermain di posisi itu saat masih bocah dan terkadang anda membuat kesalahan dengan dijatuhkan lawan yang terlalu kuat atau terlalu cepat untuk anda sebab fisik anda belum sepenuhnya kuat,” lanjut Carragher.

“Namun, itu bukan masalah untuk De Ligt, dia pria sejati. Dia tampak seperti sudah berusia 24 atau 25 tahun. Itu adalah keuntungan besar baginya di usia muda.”

“Tidak ada garansi pada pemain mana pun tetapi anda bis melihat De Ligt dan, bagi saya, sepertinya ada garansi bahwa dia akan jadi pemain top,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *